Pengertian dan Awal mula Startup
Istilah
startup mulai populer pada waktu terjadinya gelembung dot-com (dot-com buble)
dimana pada waktu itu (1998-2000) banyak perusahaan memanfaatkan internet
dengan membuat website perusahaan guna memperluas usahanya. Kehadiran internet
yang mulai berkembang dan mulai dikenal masyarakat dimanfaatkan untuk membuka
bisnis berbasis internet. Bisnis-bisnis baru yang memanfaatkan
teknologi internet ini kemudian dikenal dengan istilah startup.
Bisnis berbasis internet pun semakin berkembang namun tidak semuanya sukses.
Banyak bisnis yang gagal dalam tempo yang singkat. Master investasi Warren
Buffett mengatakan bahwa banyak investor telah terhipnotis oleh kenaikan
drastis saham bisnis berbasis teknologi internet dan berkomentar keras terhadap
dot.com (website bisnis berbasis internet) yang menerbitkan saham lalu menutup
toko online-nya beberapa bulan kemudian. Contoh yang paling sukses memulai
bisnis startup ini adalah Google dan Yahoo.
Dengan
demikian pengertian bisnis startup adalah memulai bisnis baru secara online
dengan menggunakan perangkat teknologi komputer dan jaringan internet.
Sedangkan kriteria yang termasuk bisnis startup secara umum adalah:
·
Basis bisnis adalah jaringan internet
melalui website
·
Produk yang ditawarkan berupa aplikasi
digital atau jasa layanan digital
·
Masih dalam tahap berkembang atau bisnis
kurang dari 3 tahun
·
Jumlah pegawai tidak lebih dari 20 orang
·
Pendapatan per tahun di bawah $ 100.000
Contoh Startup lokal
yang sudah sukses di Indonesia
1. Buka lapak
Buka lapak saat ini menjadi situs jual beli terbesar di Indonesia yang
didirikan oleh Achmad Zaky yang berasal dari Sragen, Jawa Timur. Salah satu
yang membuat startup ini disukai adalah sistem pembayaran yang aman dan
bertransaksi. Dimana pembayaran dari pembeli tidak langsung diterima penjual
melainkan ditampung dibuka lapak.
2. Gojek
Gojek adalah startup di Indonesia yang pertumbuhannya paling cepat dan
palin popular. Bidang utamanya bergerak di bidang transportasi dan jasa kurir.
3. Tiket.com
Sebuah starup yang menawarkan jasa reservasi tiket secara online dengan
mudah didirikan pada tahun 2011. Tiket.com mulai berencana mengembangkan
bisnisnya ke luar Indonesia.
Bisnis Startup di Indonesia
Bisnis
startup terus berkembang meskipun banyak yang gagal. Hampir setiap saat muncul
startup-startup baru dari penjuru dunia termasuk Indonesia yang merupakan salah
satu pasar yang sangat menarik, namun belum dioptimalkan secara maksimal. Pada tahun 2013 laku menurut riset pengguna internet
di Indonesia diperkirakan mencapai 70 juta orang, dan tentunya tahun-tahun
berikutnya semakin bertambah apalagi sekarang tarif internet sudah semakin
murah dan semakin mudah mengakses internet melalui perangkat mobile. Selain itu
daya beli masyarakat juga meningkat sesuai dengan pendapatan per kapita
masyarakat yang naik secara tidak langsung ikut mempengaruhi perkembangan
industri digital. Bisnis Startup di Indonesia yang paling banyak
diminati adalah game dan aplikasi edukasi selain proses pembuatan
game dan aplikasi edukasi relatif mudah, startup jenis ini memiliki pangsa
pasar yang potensial dan terbuka di Indonesia. Setelah itu diikuti Startup
e-commerce dan informasi. Salah satu Startup Indonesia yang kini sudah sukses
di dunia maya diantaranya adalah Kaskus. Membangun
startup bisnis memang bukan perkara yang mudah. Terlebih jika Anda belum
berpengalaman dalam bidang tersebut, maka akan lebih baik jika Anda bekerja
sama dengan orang lain untuk meringankan beban. Namun kemudian pertanyaannya
adalah, adakah rekan atau orang lain yang bersedia Anda ajak untuk bekerja sama
membangun sebuah #startup. Karena mengajak
seseorang untuk bekerja keras untuk membangun sebuah startup juga sangat sulit.
Meskipun sulit, bukan berarti tidak bisa
dilakukan, tinggal seberapa besar usaha Anda untuk mendapatkan kepercayaan dari
calon partner Anda. Yang pertama kali harus Anda lakukan tentunya adalah meyakinkan
mereka terhadap peluang bisnis yang akan dikelola bersama. Nah, bagaimana cara
meyakinkan mereka untuk membangun startup bersama? Simak tips nya di bawah ini.
1. Kesempatan Untuk
Melangkah Lebih Maju
Ini lebih
seperti kepada sebuah negosiasi. Membangun sebuah startup pasti memerlukan
kerja keras, dan bahkan teramat keras. Sama sekali tidak sama ketika seseorang
menjadi karyawan atau pegawai sebuah perusahaan. Startup yang akan Anda
kerjakan bersama ini adalah sebuah peluang dan kesempatan sebagai salah satu
langkah besar Anda dan calon partner Anda. Jelaskan seperti itu kepada kandidat
partner Anda. Saya yakin ini bukanlah hal yang mudah, apalagi jika yang Anda
ajak adalah seseorang yang terbiasa dalam lingkaran zona nyaman, itu sangat
sulit. Yakinkan kepada mereka bahwa ini adalah langkah maju yang sangat
berpeluang untuk membuat hidup kita lebih bermutu.
2. Kesempatan Untuk
Mendapatkan Uang yang Lebih Besar
Tidak
usah sungkan, berikan penjelasan kepada mereka bahwa langkah yang akan
dilakukan ini adalah keberanian untuk mengambil suatu kesempatan besar. Yaitu
kesempatan untuk bisa mendapatkan uang yang lebih besar dari pada sebelumnya.
Bukan
rahasia lagi bahwa uang adalah #motivasi kuat bagi
seseorang dalam mengembangkan sebuah bisnis, jadi tidak salah jika Anda pun
menjelaskan kepada calon partner Anda bahwa ada kesempatan untuk bisa
mendapatkan uang lebih. Berikan keterangan kepada mereka bagaimana startup yang
akan dibangun bersama ini bisa mendapatkan uang yang lebih besar. Bagaimana
cara kerja, teknik branding dan semuanya terkait dengan cara kerja bisnis yang
dibangun.
3. Kesempatan Untuk Menjadi
Seorang Leader
Menjadi
pimpinan memang tidak semua orang menghendakinya, namun jangan salah, ada juga
orang yang memiliki ambisi menjadi seorang pimpinan. Nah, jelaskan kepada
orang-orang kandidat Anda yang bertipe seperti ini bahwa dengan mendirikan
startup, bisa memungkinkan mereka bisa menjadi seorang pimpinan. Menjadi
pimpinan dari beberapa karyawan atau pegawai dalam startup yang dikelola
bersama. Tentu semuanya harus bertahap dan melalui proses yang harus terjaga
dari berbagai sisi bisnis. Ini bisa menjadi cara efektif untuk meyakinkan
mereka.
4. Jelaskan Juga Resiko
Sertai Dengan Solusi dan Strategi
Membuat
orang yakin kepada apa yang akan dijalankan bersama tidak juga harus dengan
sesuatu yang menyenangkan. Jelaskan juga kepada calon partner Anda tentang
segala resiko yang mungkin akan dihadapi saat membangun sebuah startup. Tentu
saja tidak hanya resiko, sertai juga dengan strategi untuk menghadapi segala
resiko tersebut agar bisa menemukan sebuah solusi yang tepat. Dengan begini,
saya rasa calon partner Anda akan semakin yakin dengan kapasitas Anda dalam
membangun sebuah startup bisnis.
5. Beri Contoh Profil yang
Sukses Membangun Startup
Barangkali
alasan seseorang tidak yakin atau justru takut untuk memulai membangun sebuah
startup adalah karena ada beberapa startup yang gagal. Beri penjelasan kepada
mereka calon partner Anda bahwa jika startup dikerjakan dan dikelola dengan
serius, peluan untuk mendapatkan kesuksesan adalah sangat besar. Berikan
beberapa contoh startup yang berhasil berkembang dan membawa pendirinya menuju
kesuksesan. Kisahkan juga perjalanan startup tersebut dari awal perjuangannya
sampai mendapatkan kesuksesan seperti saat ini. Yang saya sebutkan di atas
adalah cara meyakinkan orang lain secara garis besar untuk ikut dalam proyek
startup kita.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar